Thursday, February 2, 2017

Cara Paling Tepat Menurunkan Demam Panas Pada Anak

Tips bagaimana cara menurunkan demam pada anak serta bagaimana cara perawatan atau penanganan demam pada anak secara alami dan medis, seperti yang kita ketahui terutama bagi para orang tua mengingat demam pada bayi pada anak itu memang seringkali terjadi pada buah hati kita. Dan seringnya saat demam menyerang pada anak pastinya membuat para orang tua menjadi risau dan segera memeriksakan kesehatan anaknya langsung pada tenaga medis dokter atau kepada orang yang memang ahli dalam bidang tersebut. Akan tetapi demam itu merupakan reaksi normal pada tubuh yang bermanfaat untuk melawan kuman.

Seringkali para orang tua anak memberikan obat penurun panas yang bertujuan untuk membuat suhu tubuh menjadi normal kembali, namun yang perlu digaris bawahi untuk penanganan demam pada anak yaitu memberikan obat penurun panas yang dapat membuat anak nyaman, bukan hanya untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Jadi para orang tua harus mengerti atau memahami kondisi sang anak saat pemberian obat penurun panas.

Cara Menurunkan Demam Pada Anak

Cara Paling Tepat Menurunkan Demam Panas Pada Anak

Sebaiknya para orang tua selalu memperhatikan aktivitas sang anak, pada saat anak mulai mengalami demam, dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah apakah sang anak masih bisa bermain, dapat makan dan minum dengan baik, dan harap diperhatikan juga buang air kecil anaknya setiap kurun waktu 3 atau 4 jam. Jika setelah memperhatikan aktivitas anak dan mendapati kejanggalan seperti anak lebih sering tidur, malas minum dan buang air kecil juga semakin jarang, maka sebaiknya segera bawa anak ke dokter, dan hindari untuk membangunkan sang anak dari tidur lelapnya untuk bertujuan memberikan obat penurun panas.

Sebenarnya banyak obat penurun panas atau obat pereda demam khusus untuk anak dan banyak juga macamnya, namun seringkali para orang tua menghindari untuk memberikan obat pada anak, dan selalu menunggu atau memberikan obat pereda demam pada saat anak terserang demam tinggi. Pada umumnya bahan dasar obat untuk meredakan demam untuk anak adalah (parasetamol) atau (ibuprofen), yang dimana keduanya bahan tersebut memiliki efek samping, misalnya saja dengan bahan parasetamol dapat dikaitkan juga dengan penyakit asma, sedangkan ibuprofen dapat dikaitkan dengan sakit maag dan masalah pada ginjal.

Jika para orang tua memiliki anak baru berusia sekitar 3 bulanan dan sang bayi tersebut mendapati demam pada suhu 38 derajat celcius atau diatasnya, sebaiknya segera lakukan tindakan dengan menghubungi dokter tentu saja karena demam pada bayi itu memang bisa sangat berbahaya. Selanjutnya jika sang anak baru beranjak usia di 1 tahun atau diatasnya dan sang anak terserang demam, para orang tua bisa juga melakukan beberapa cara berikut untuk bertujuan membantu menurunkan suhu demam pada anak, sebelum membawanya ke dokter atau yang ahli dalam bidang ini.

Mandikan Sang Anak

Mandikan anak kurang lebih selama 5 menit menggunakan busa dalam air suam-suam atau bisa juga menggunakan air hangat, dengan hal ini dapat membuat anak merasa lebih dingin dan bisa menurunkan suhu tubuhnya.

Berikan Obat Penurun Panas / Pereda Demam Khusus Anak

Untuk membantu meredakan demam atau menurunkan suhu panas pada anak, sebaiknya berikan obat penurun panas (Ibuprofen) atau (asetaminofein) dengan ini tidak hanya dapat membantu meredakan demam, juga dapat meringankan nyeri pada tubuh anak. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi dalam pemberian obat yaitu dosisnya jangan berlebihan. Pada umumnya kebanyakan orang tua anak tidak memperhatikan jangka waktu yang dianjurkan dalam pemberian dosis obat untuk meredakan demam.

Berikan juga obat (acetaminophen) namun ada juga yang perlu diwaspadai benar-benar bagi para orang tua saat penanganan demam pada anak, yaitu jangan pernah memberikan obat aspirin, karena dengan memberikan aspirin pada anak dapat memberikan efek atau dapat menyebabkan penyakit yang sangat langka yaitu penyakit bernama (Reye’s syndrome) yang sangat fatal. Indikasi utama dalam pemberian obat penurun panas untuk anak yaitu dapat memberikan rasa nyaman tidak hanya untuk menurunkan suhu tubuh, sehingga tidak akan menambah rasa cemas pada orang tua. Pemberian obat juga diindikasikan untuk anak yang terserang demam mencapai 38 derajat celcius atau diatasnya dengan cara pengukuran suhu tubuh dari lipat ketiak.

Jangan Sampai Anak Kekurangan Cairan

Hindari kekurangan cairan, karena pada saat demam sang anak akan banyak kehilangan cairan pada tubuh, maka dari itu sebaiknya berikan asupan cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasa. Bisa dengan memberikan rehidrasi oral yang dimana memang memiliki kandungan campuran air dan juga garam yang bertujuan dapat membantu sang anak untuk mendapatkan cairan tubuh kembali serta cairan elektrolit.

Untuk para orang tua yang memiliki bayi yang baru berusia 3 bulan dan terserang demam mencapai suhu tubuh 37 derajat celcius sebaiknya sesegera mungkin untuk menghubungi dokter dan jika mendapati kondisi anak urinnya kental serta kakinya sering kali digerak-gerakan, penyebabnya bisa saja dikarenakan infeksi saluran kemih atau dikarenakan oleh demam yang tak kunjung turun dalam jangka waktu 3 hari dan disertai dengan bintik-bintik merah dan mimisan, segera hubungi dokter yang ahli dalam bidang ini untuk melakukan perawatan atau pengecekan kesehatan sang anak.

Artikel Terkait

Cara Paling Tepat Menurunkan Demam Panas Pada Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email