Wednesday, February 1, 2017

Tips Mempersiapkan dan Menjalani Kehamilan Kedua

Pada umumnya seorang ibu tentu akan merasa lebih tenang saat hendak mengalami kehamilan keduanya, dan tentu saja hal ini dikarenakan atas dasar pengalaman dari kehamilan pertamanya, rasa cemas yang tadinya begitu sangat dirasakan mungkin akan lebih berkurang ketimbang saat pertama mengalami masa kehamilan, dan ditambah dengan hadirnya anak pertama yang selalu di samping sang ibu. Namun tidak sedikit juga seorang ibu yang merasakan ketidak nyamanan saat memasuki kehamilan kedua, bisa saja dikarenakan perubahan fisik atau karena faktor hormon yang mempengaruhi.

Cara Mempersiapkan Diri Untuk Kehamilan Kedua

Tips Mempersiapkan dan Menjalani Kehamilan Kedua

Kehamilan kedua mungkin akan lebih terasa singkat hal ini mungkin dikarenakan memang sudah mempunyai anak balita yang juga perlu diperhatikan, karena hal tersebut sang Ibu yang sedang mengalami masa kehamilan lebih memikirkan anak sulungnya tersebut ketimbang melihat perubahan fisik dirinya selama masa kehamilan. Begitu juga proses persalinannya akan terasa berbeda jika dibandingkan saat persalinan pertama, karena sang ibu akan lebih berpengalaman, lalu bagaimana cara mempersiapkan kehamilan kedua? simak ulasan berikut ini.

1. Mengatur Jarak Kehamilan

Menurut penelitian menunjukkan bahwa interval yang paling aman untuk mempersiapkan kehamilan yang kedua adalah 27 sampai 32 bulan setelah kelahiran anak pertama, walaupun sebenarnya 3 bulan setelah anak pertama lahir sang ibu sudah siap kembali, namun dengan tujuan dari mengatur interval tersebut yaitu membuat sang bayi berpeluang besar menjadi bayi yang sehat. Akan tetapi jika sang ibu melahirkan dengan cara di "Caesar" maka lebih disarankan untuk bertanya ke dokter terlebih dahulu.

2. Periksa Pra-Kehamilan

Tentu saja sebelum mempersiapkan kehamilan kedua ibu dan suaminya harus sudah benar-benar sangat siap, sangat diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kandungan untuk memastikan kondisi kesehatan calon anak kedua, dan sangat disarankan juga untuk melakukan tes "Ginekolog" secara teratur termasuk melakukan tes di laboratorium.

3. Tips Penting Untuk Menjalani Kehamilan Kedua

Pada umumnya kehamilan kedua sampai meuju persalinan akan terasa lebih cepat karena disebabkan ada anak pertama yang tentunya juga sangat butuh perhatian dan harus diurusi sepanjang hari. Bisa juga dikarenakan beban pekerjaan di keseharian maka sangat tidak aneh jika seorang Ibu yang tengah menjalani kehamilan kedua akan merasakan cepat lelah, maka dari itu seorang ibu perlu memperhatikan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.

Perlu diperhatikan asupan makanan sang ibu dengan tujuan untuk membuat calon anak kedua nantinya tetap dalam kedaan sehat, maka dari itu sebaiknya konsumsi 400 mg asam folat setiap hari sampai usia kehamilan tersebut mencapai 12 minggu. Asam folat ini berguna untuk membantu melindungi calon bayi dalam kandungan dari masalah pada sistem saraf nya, dan sumber makanan yang terdapat kandung asam folat diantaranya, sayur bayam, buncis, pisang, pepaya, jeruk, dan lain sebagainya.

Dan pastikan tidak asal makan, makanlah makanan yang sehat bertujuan untuk mendapatkan nutrisi yang lebih seimbang dan tepat bagi sang ibu dan calon bayi nantinya, konsumsi makanan yang sehat tersebut diantaranya banyak makan buah dan sayuran, protein dan susu rendah lemak, serta batasi juga asupan kafein seperti minuman teh dan kopi yang mengandung kafein, bukan dihindari hanya saja dibatasi sekitar 200 mg saja perharinya atau sekitar dua cangkir, baik teh dan kopi.

Sempatkan juga dengan melakukan olahraga secara teratur disetiap harinya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, serta luangkan waktu untuk membentuk ikatan sang ibu dengan calon bayi kedua yang sedang dalam kandungan, caranya bisa dengan melakukan pijatan pada bagian perut dengan begitu lembut sesuai dengan waktu yang diinginkan, minimal 2-3 menitan.

Demikian tips untuk mempersiapkan kehamilan kedua, semoga artikel ini dapat bermanfaat terutama untuk para ibu yang sedang mencari informasi yang berhubungan dengan mempersiapkan kehamilan kedua, yang jelas dengan kehadiran sang buah hati hidup akan terasa lebih berbeda, jaga selalu kesehatan baik sang ibu dan sang bayi yang sedang berda dalam kandungan. Oke semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Tips Mempersiapkan dan Menjalani Kehamilan Kedua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email